Monday, September 15, 2014

Cara Pepaya Pendek Berbuah . . . Bibit Pepaya Calimasaran

Cara menaman pepaya ingin berbuah lebat, cepat dan pohon pendek 0.5 -1 m sudah berbuah dan kokoh, kuat dari rebah batang, ini termasuk ilmu baru dan dalam teori pertanian belum di galakkan... ini bro . . . saya salin dari http://warasfarm.wordpress.com
Buang pupusnya saat tanaman umur 1 bulan (hst)



Tanaman pepaya pada usia sekitar 1 bulan atau ketinggian 40~50 cm di potong pupusnya (daun muda paling atas),  biarkan tumbuh tunas baru.  Tunggu sekitar 10 hari tunas baru akan bermuculan.

tunas baru muncul
Setelah tunas baru tumbuh, batang pohon pepaya dipotong lagi sekitar sisakan  15 cm dari tanah, ketinggian batang pohon pepaya dari tanah tinggal 15 cm .Tunggu 7 hari mulai tumbuh cabang-cabng baru seleksi tunas/cabang yang  baru  yang paling bagus di tinggal satu saja agar tumbuh besar dan buang tunas-tunas lainya, agar zat makanan lari ke tunas yang kita harapkan menjadi batang pokok.

Kurang lebih umur 3 bulan mulai berbunga

Kurang lebih umur 4-5 bulan mulai berbuah
Pemangkasan batang pepaya saat berumur 1 bulan setelah ditanam dilapangan adalah bertujuan agar meningkatkan produktivitas buah pepaya sehingga berbuah lebat dan pohonya pendek.melalui pemangkasan batang pepaya akan memacu hormon-hormon pertumbuhan dan pembentukan bunga dan buah pada pepaya.pemotongan juga bisa dilakukan pada pohon yang sudah berusia tua agar menjadi muda kembali dan jumlah buah yang dihasilkan oleh tunas baru (setelah pemotongan) akan lebih banyak dari jumlah buah yang dihasilkan oleh pohon pepaya yang tidak dipotong.Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada musim kemarau.

Pohon pepaya umur 5-6 bulan...menunggu panen....sambil duduk jg bisa metik :)
Ini hasil percobaan saya....cuma 1 pohon, tp insyaallah berkah buat keluarga & tetangga skitar, hehee
(bibit menetukan : Pepaya Calimasaran)
Yang terakhir.... kita sudah berusaha tetapi hasil tetap Allah SWT yang menentukan . . . tiada cara lain selain bersyukur . . . mungkin itu yg terbaik...


Selamat mencoba mas / mbak . . . semoga hasil sesuai yg diimpikan :)

2 comments:

Mommy_Quinn said...

aseeekkkk...
mas kirim 3 kilo ya.. :P

gusyu01 said...

hehee...oke siap ... hahaaa